Maksimalkan Manfaat Handphone

IMG_20180123_142431-01.jpeg

Ini dua handphone kesayangan dimasa lalu. Si mungil Huawei tak bisa diselamatkan setelah terendam air laut, di pantai sih sebetulnya. Sekejap saja handphone ini benar-benar tidak bisa digunakan.

Selanjutnya Zenfone dari Asus yang lebih lama menemani. Bahkan bekerja maksimal untuk kebutuhan personal dan urusan kantor. Saya bisa bikin presentasi dari handphone ini, bahkan melihat halaman excel di kereta. Menemani perjalanan dengan soundtrack yang tak saya mengerti bahasanya…daripada dengerin orang ngobrol. Zenfone ini udah jungkir balik, bukan hanya dari meja atau tempat tidur. Tapi juga jungkir balik ketumpahan air, nyemplung di kolam ikan dan lalalala…. Intinya tidak bisa diselamatkan huhuhu….syedih sebetulnya kehilangan zenfone ini.

Saya bukan tipe orang yang mengikuti trend untuk gadget. Bisanya tuh sebelum beli pasti lihat ukuran layar, memory, RAM dan budget pastinya. Sabar yang panjang kalau memang mau henpon baru dan budget belum cukup. Dari dulu begitu untuk gadget termasuk laptop. Kalau urgent harus ganti ya mau gak mau sesuai budget kala itu.

Pengalaman menggunakan henpon (smartphone ya….zaman now) yang memorinya terbatas, sampai yang memorinya sisa banyak…semua balik lagi bagaimana kita mengoptimalkan semua fungsi handphone. Gak selalu harus hape mahal untuk mendapat manfaat maksimal. Kalau menggunakan smartphone, orangnya juga harus semakin smart, menurut saya.

Browsing yang memperkaya wawasan, memberikan nilai tambah, pengembangan diri, inspirasi, dan tentunya informasi yang kita butuhkan. Misalnya update pengetahuan tentang pekerjaan kita, lingkungan, keuangan, bisnis, info seputar ibu, keluarga, parenting, pernikahan, life balance, jalan-jalan, dll. Banyak yang bisa diakses secara online, balik lagi bagaimana kita manfaatkan henpon kesayangan. Digunakan untuk hal-hal yang positif.

Selain memaksimalkan fungsi gadget, saya juga menggunakan internet dan sosmed untuk bisnis. Teteup dari gadget mengerjakannya. Lumayan donk ya… nggak perlu alokasi baru untuk modal, dan bisa menghasilkan uang. Slogan kerennya bisnis dalam genggaman. Jangan salah pilih bisnis online, simak dulu tips cara memilih bisnis online. Supaya hape kesayangan bisa mengikuti ritme saya yang suka online, ini yang pernah saya lakukan:

  1. Cadangkan foto di Cloud, ada google foto
  2. Manfaatkan ruang penyimpanan dokumen gratis, saya pakai google drive
  3. Pastikan install aplikasi yang dibutuhkan dan paling sering digunakan. Misalnya, untuk berkomunikasi dan sosmed. Selain itu, saya menggunakan PicsArt dan snapsheed untuk edit foto dan banner. Al Qur’an, Al matsurat, kemudian aplikasi untuk bisnis online seperti katalog oriflame, dan webex untuk webinar. Aplikasi untuk keperluan belanja biasanya bisa diakses melalui website. Intinya pilah dan pilih aplikasi yang di install. Saya gak nyimpen lagu di hape, download aja spotify (bukan iklan loh)
  4. Jadwalkan waktunya bersih-bersih henpon dari dokumen dan aplikasi yang sudah tidak diperlukan.
  5. Hindari mengunduh/download media secara otomatis pada aplikasi. Saya download gambar yang memang perlu atau saya mau tau. Apalagi kalau ikut beberapa group, kadang ada yang ngeblast foto yang sama…atau emang fotonya nggak perlu di lihat IMHO ya hehe….

Kalau hape udah geje, byarpet segera atasi. Jangan nunggu sampai tewas kecuali niat ganti baru. Sempat hape gak jelas, byarpet layarnya. Bismillah aja setelah cadangkan semua foto dan data di cloud, saya coba factory reset. Dan taraaa henponnya rasa baru, ringan, gak lemot dan ngebantu banget untuk ngerjain bisnis dari gadget. Segitu dulu ya, saya bukan ahlinya gadget koq, sharing aja pengalaman sebagai pengguna. Semoga bermanfaat ya! :-)

_BuDin_


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s