MLM HALAL

Pernah ditanya keluarga, atau teman tentang bisnis MLM. Halal dan haramnya bisnis Oriflame. Seliweran info tentang MLM yang halal,dan haram bikin galau… dan tambah ragu. Bingung kan ya kalau ditanya-tanya begini, berat karena nggak punya ilmu yang cukup. Keterbatasan saya, tidak bisa memberikan banyak penjelasan untuk berbagai versi MLM.

Saya menggunakan Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI ini sebagai acuan.Sharing aja dari sumber yang saya percaya. Teman-teman yang mau baca filenya langsung, silahkan diunduh  di sini.

screenshot_2017-01-23-00-41-51_com-google-android-apps-docs_1485107764165

Mau bisnis MLM, lihat dulu apa saja yang wajib supaya termasuk dalam kategori HALAL?

1. Ada obyek transaksi riil yang diperjualbelikan berupa barang atau produk jasa;

Yes, produk Oriflame sangat riil ,dan beragam untuk kebutuhan keluarga termasuk anak-anak, dan lanjut usia. Setiap bulan ada katalog baru yang memberikan penawaran terbaik (selalu ada diskon). Katalog terbarunya silahkan di lihat di sini.

2. Barang atau produk jasa yang diperdagangkan bukan sesuatu yang diharamkan dan atau yang dipergunakan untuk sesuatu yang haram;

Alhamdulillah produk Oriflame memenuhi syarat ini.

fb_img_1485108414421_1485109539448

3. Transaksi dalam perdagangan tersebut tidak mengandung unsur gharar, maysir, riba, dharar, dzulm, maksiat;

Banyak kan ya tawaran bisnis MLM yang menjanjikan, daftar aja dan nggak perlu banyak kerja atau rekrut, ongkang-ongkang aja dapet uang. Nah beda banget sama Oriflame. Di Oriflame semua konsultan sama aja, kerja apapun levelnya. Penghasilan, keuntungan, bonus semua sesuai dengan yang dikerjakan setiap bulannya.

Bisnis di Oriflame kerjaannya cuma tiga: tutup poin (tupo), rekrut dan membina downlinenya. Kalau nggak tutup poin ya sama aja nggak kerja, nggak usah ngarep ada bonus-bonusan hehe… Justru tetap bekerja itulah yang membuat penghasilan kita insyaAllah halal. Bener kan ya….

Penjualan langsung hanya dilakukan oleh konsultan Oriflame dan  sesuai dengan katalog yang berlaku pada bulan tersebut. Ini sama dengan kode etik konsultan Oriflame. Oya, kode etik bukan untuk menakuti loh, kode etik itu justru menjaga konsultan/member dari hal-hal yang tidak diinginkan…ya misalnya seperti ini.

4. Tidak ada harga/biaya yang berlebihan (excessive markup), sehingga merugikan konsumen karena tidak sepadan dengan kualitas/manfaat yang diperoleh;

Produk Oriflame itu ada yang basic bahkan premium, dengan manfaatnya yang berbeda. Harganya tentu saja berbeda, sesuai dengan manfaat yang diberikan pada konsumen. Setiap produknya memiliki kelebihan masing-masing, dan dijelaskan juga manfaatnya di katalog.

5. Komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota baik besaran maupun bentuknya harus berdasarkan pada prestasi kerja nyata yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan barang atau produk jasa, dan harus menjadi pendapatan utama mitra usaha dalam PLBS;

Komisi/gaji di Oriflame sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan. Kalau nggak tupo meskipun downlinenya banyak, ya nggak akan dapet transferan. Kalau berprestasi dan lolos kualifikasi level tertentu, maka komisi sesuai levelnya yang diperoleh…apakah Manager, Senior Manager, Director dst.

6. Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) harus jelas jumlahnya ketika dilakukan transaksi (akad) sesuai dengan target penjualan barang dan atau produk jasa yang ditetapkan oleh perusahaan;

screenshot_2017-01-23-02-45-05_cn-wps-moffice_eng_1485114333383_1485114388770_1485114414294

Di tangga success plan Oriflame ini sudah jelas  jumlahnya, ikuti step-stepnya buat sukses di sini. Merapat sama uplinenya, rajin ikut training, selalu tupo, rekrut dan bina timnya.  Ada juga promo untuk konsultan yang berprestasi, silahkan klik di sini untuk melihat contohnya.

7. Tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau penjualan barang dan atau jasa;

Nggak melakukan penjualan (nggak tutup poin) ya…nggak akan dapet komisi. Selama menjadi downline, berasa banget ya bagaimana uplineku ngajarin sampai saya tau bagaimana mengenal produk-produk Oriflame, cara pemasaran/penjualannya, termasuk cara merekrut dan membina downline saya.

8. Pemberian komisi atau bonus oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) tidak menimbulkan ighra’.

Ighra’ adalah daya tarik luar biasa yang menyebabkan orang lalai terhadap kewajibannya demi melakukan hal-hal atau transaksi dalam rangka memperoleh bonus atau komisi yang dijanjikan.

Oriflame memberikan komisi, bonus/reward  sesuai Success Plan yang memberikan manfaat untuk para konsultannya. Rumah, mobil, uang tunai dan jalan-jalan gratis menjadi jalan untuk membahagiakan banyak orang termasuk keluarga. Bahkan ada yang mendapat hadiah umroh dan diberikan untuk orang tuanya. Seneng khan….Siapa yang seneng bisa kasih hadiah buat ortunya ?

9.Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antara anggota pertama dengan anggota berikutnya;

Pembagian bonus sesuai jenjang/level yang diraih konsultan, bukan lama waktu bergabung ataupun silsilah keanggotaan. Ada loh yang melesat dalam tiga bulan menjadi Senior Manager. Mau cepet naik level, bisa banget loh di Oriflame. Siapa yang mau?

10. Sistem perekrutan keanggotaan, bentuk penghargaan dan acara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan aqidah, syariah dan akhlak mulia, seperti syirik, kultus, maksiat dan lain-lain;

Pernah datang ke acara OOM Triple S dan sama sekali nggak ada tuh yang namanya kultus, maksiat, dan alhamdulillah berjalan lancar, santun dan kekeluargaan. Acaranya memotivasi dan inspiring banget yaa…bahkan ada sesi yang menghadirkan keluarga para leaders. Hohoooo…para suami dan orang tuapun bicara bagaimana bahagianya mereka, bagaimana mereka pernah kecewa karena anaknya ngerjain Oriflame tapiiii….ternyata mereka lebih bahagia setelah anaknya atau istrinya ngerjain Oriflame. Mau juga nggak?

11. Setiap mitra usaha yang melakukan perekrutan keanggotaan berkewajiban melakukan pembinaan dan pengawasan kepada anggota yang direkrutnya tersebut;

Yes, setiap konsultan yang merekrut mesti membina downlinennya. Kalau nggak dibina ya bablas aja downlinenya. Di Oriflame, konsultan menjalankan bisnisnya dalma sebuah tim kerja, kerjanya satu tim bukan sendiri-sendiri. Lebih asik, lebih enteng kalau dikerjakan bersama tim yang solid dan punya tujuan yang sama (hasil binaan gituu…)

12. Tidak melakukan kegiatan money game.

Money Game adalah kegiatan penghimpunan dana masyarakat atau penggandaan uang dengan praktik memberikan komisi dan bonus dari hasil perekrutan/pendaftaran Mitra Usaha yang baru/bergabung kemudian dan bukan dari hasil penjualan produk, atau dari hasil penjualan produk namun produk yang dijual tersebut hanya sebagai kamuflase atau tidak mempunyai mutu/kualitas yang dapat dipertanggung jawabkan.

Oriflame tidak memberikan imbalan/komisi/bonus karena konsultannya berhasil merekrut. Rajin rekrut kalau nggak tupo, nggak ngebina ya wassalam hehe… beneran dech, nggak akan dapet komisi/bonus kalau cuma rekrut. cara kerjanya tutup poin alias tupo, rekrut dan bina. Bina itu bantu downlinennya supaya bisa naik level juga dan melakukan hal yang sama dengan uplinenya: tupo, rekrut, bina. Siapa yang mau dibina juga?

Silahkan filenya diunduh  di sini. Semoga bermanfaat!

picsart_01-17-10-43-48-03